Senin, 18 Februari 2013

CARA DOWNGRADE PS3 CFW 4.xx TO 3.55

Dikarenakan banyak pertanyaan seperti "Kalau udah pake 4.21/4.30 bisa ngak ane balik ke KMEAW ?" , "cara balik ke 3.55 dari CFW 4.xx gimana gan ?" dan lain sejenisnya baik via postingan di thread ini maupun melalui PM kepada saya, dengan postingan ini, semua pertanyaan tersebut saya jawab lengkap dengan tutorialnya.

Quote:PENTING !

Ikutilah tutorial ini sebagaimana mestinya, apabila disuruh lewat XMB ya lewat XMB, lewat RECOVERY MODE ya lewat RECOVERY MODE, jangan ngeyel atau nekat coba-coba sendiri, PS3 ANDA BRICK TIDAK KAMI TANGGUNG !

Untuk pengguna CFW 4.30 E3, diharapkan melakukan UPDATE Terlebih dahulu menjadi CFW 4.30 v 2.03 ROGERO melalui XMB, downgrade langsung dari E3 ke CFW 3.55 bisa menyebabkan PS3nya Brick, setelah upgrade ke ROGERO 4.30 v 2.03, proses downgrade-nya sama seperti TUTORIAL I.

Tutorial ini HANYA BERLAKU bagi pengguna CFW 4.21 dan CFW 4.30 BUKAN UNTUK PENGGUNA OFW, PS3 yang terupdate ke OFW diatas 3.55 HARUS MENGGUNAKAN E3 FLASHER/EASYPROG/PROGSKEET untuk di downgrade kembali ke 3.55 atau PS3 anda akan RUSAK !


TUTORIAL I (Downgrade dari CFW 4.xx ROGERO)


  1. Downgrade firmware anda dengan menggunakan Hybird Firmware ROGERO 4.25 to 3.55 downgrader, Installasi dilakukan melalui XMB (klik untuk mendownload file tersebut)
  2. Setelah masuk di Hybird Firmware, download, install dan jalankan Toggle_Qa dari XMB, PS3 anda akan restart dan terdengar 3x bunyi beep*
    -Untuk memastikan bahwa Toggle_QA terinstall dengan benar, silahkan tekan L1 + L2 + L3 (press left stick) + R1 + R2 + dpad_bawahsecara bersamaan pada menu "Network Settings" di XMB, maka akan muncul Edy Viewer, Debug Settings, dan Install Package Files-

    Sebagaimana gambar berikut ini :

    Spoilerfor Edy Viewer:
  3. Jika sudah berhasil, masuk ke Recovery mode dan Install ROGERO 3.55 v3.7
  4. setelah berada di ROGERO 3.55 v 3.7, jalankan kembali Toggle_Qa sebagaimana yang tertulis pada <Step 2> sampai Edy Viewer dsb. muncul di bawah Network Settings.
  5. Masuk kembali ke Recovery mode untuk melakukan installasi OFW 3.55
  6. Selesai installasi OFW 3.55, masuk XMB dan Install CFW 3.55 KMEAW (ataupun CFW 3.55 Lainnya) dari XMB


*apabila PS3 anda hanya blackscreen setelah menjalankan QA_flag (tidak ada bunyi beep sama sekali), anda bisa mematikan secara manual PS3 anda dan mengulang kembali installasi Toggle_QA, tidak perlu khawatir, karena hal ini biasa terjadi.

TUTORIAL II (Downgrade dari CFW 4.xx REBUG, ERMAC, SGK, dan ARCH)

  1. Downgrade firmware anda dengan menggunakan Hybird Firmware REBUG 999 DOWNGRADER Installasi dilakukan melalui XMB (klik untuk mendownload file tersebut)
  2. Setelah masuk di Hybird Firmware, masuk XMB, pilih tab "GAME", pilih "Package Manager", pilih "Install Package Files", pilih "PS3 Hard disk", disana akan ada file "Rebug Toolbox 2.00.00", Install dan jalankan program tersebut.
  3. Masuk ke dalam Rebug Toolboox, pilih Tab PALING KANAN, dan pada menu "Qa_Flag" set ke "ENABLE"
  4. Jika sudah berhasil, masuk ke Recovery mode dan Install REBUG 3.55 v 3
  5. Setelah berhasil, buka kembali "Rebug Toolbox" yang sudah diinstall sebelumnya dan check apakah "Toggle_Qa" masih "ENABLE" atau tidak, jika tidak ya kembali di SET menjadi "ENABLE".
  6. Masuk kembali ke Recovery mode untuk melakukan installasi OFW 3.55
  7. Selesai installasi OFW 3.55, masuk XMB dan Install CFW 3.55 KMEAW (ataupun CFW 3.55 Lainnya) dari XMB


SELAMAT ! ANDA TELAH KEMBALI KE CFW 3.55

Dengan dibuatnya tutorial ini maka segala pertanyaan baik berupa postingan ataupun PM yang menanyakan "gimana cara balik ke Kmeaw" tidak akan saya jawab, terimakasih

7 komentar:

  1. Posting juga gan, cara downgrade dari ofw 4xx menjadi ofw 3.55 ?? (sangat bermanfaat bos)^^

    BalasHapus
  2. pusing gan tp terimakasih....

    BalasHapus
  3. gan kan ane pny ps3 ke update CFW jadi 4.41 dari 3.55 kiar2 bisa gak d balikin jd cfw 3.55 ?? thank's

    BalasHapus
  4. yakin berhasil ga gan? kalau sampe gagal bahayakan

    BalasHapus
  5. cara downgrade dari ofw gimana gan

    BalasHapus
  6. Bang klo nggk ada Installing Package Files di menu XMB sy itu harus apa yah ?

    BalasHapus